Warna Warni Jambore, Ikan Pallu Cekla Itu Apa Sih?

IMG-20171026-WA0022Klikaktifis.com – Hujan dengan alunan rintik yang teratur sore itu jatuh dan ikut meramaikan Pelaksanaan Jambore Kebangsaan dan Wirausaha di perkemahan Mandalawangi, Cibodas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 25/10/2017.

Sore itu Tim media (Rustam) berkesempatan mewancara pesera dari perwakilan peserta Jambore Wirausaha Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI).

Kalau boleh tahu Ikan Pallu Cekla itu apa sih, dan kenapa tertarik untuk memilih Pallu Cekla sebagai pilihan, kenapa bukan yang lain?

Pallu Cekla sebagai makanan khas Makassar yang banyak diproduksi di Takalar. Pallu itu berarti Memasak sedangkan Cekla dalam bahasa Indonesia adalah garam.

Jadi Ikan Pallu Cekla sebenarnya adalah Ikan yang dimasak dengan menggunakan garam yang banyak. Bahannya hanya garam dan kunyit bubuk sehingga Ikannya awet dan tahan lama. Tapi tidak semua ikan itu dimasak seperti dengan metode Pallu Cekla.

Biasanya hanya ikan Sarden dan Bandeng saja. Soal pilihan ikannya tidak ada latar belakang yang filosofis, hanya saja kedua jenis ikan ini yang paling mudah diperoleh juga sekaligus murah.

“Jika tiba musim hujan, biasanya ikan menjadi sangat langka. Saat inilah Pallu Cekla banyak dijual, dijual oleh penjual ikan keliling dan di pasar tradisional”. Terang Isbah pemuda asal Galesong Kabupaten Takalar ini.

Jadi ide Isbah, untuk Ikan Pallu Cekla ini seperti apa?

Kita berinisiatif membuat kemasan Ikan Pallu Cekla lebih menarik, yang selama ini hanya diproduksi dan dipasarkan secara tradisional (tanpa kemasan).

Begini, karena banyaknya produksi Ikan Pallu Cekla, saya berpikir ini layak dijadikan produk unggulan, kita hanya perlu mengemasnya lebih modern dan hegienis agar segmen pasarnya juga semakin luas.

Nah, setelah melakukan pengemasan. Awalnya itu kami susah cari nama pas buat produknya. Jadi kita namai saja Ikan Pallu Cekla Zelfbestuur. Soal idenya bisa pemberian namanya bisa dijelaskan oleh rekan saya, namanya Ust Muhammad Anjar.

Kenapa diberi nama Zelfbestuur? Bisa dijelaskan sedikit mungkin.

Terkait disematkannya kata Zelfbestuur dalam produk kami. Saya sangat mengidolakan pahlawan Nasional HOS Tjokroaminoto, Beliaulah yang bagi saya orang yang pertama kali mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia, meski kala itu masih disebut Zelfbestuur.

“Usaha ini berangkat dari keresahan kami melihat menjamurnya minimarket di Kabupaten Takalar sementara tidak ada produk lokal yang dapat bersaing, kita berharap dengan adanya produk ini bisa menjadi unggulan produk-produk lokal bisa merdeka dari intervensi pasar minimarket”. Jelas Bujang 27 tahun yang terinspirasi dari pahlawan Nasional Tjokroaminoto.

Ikan Pallu Cekla Zelfbestuur turut andil dalam Jambore Kebangsaan dan Wirausaha yang dilaksanakan di Perkemahan Mandalawangi, Cibodas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 23-29 Oktober 2017.

Pertanyaan terakhir.
Setelah mengikuti Jambore, apa yang akan dilakukan dengan usaha ini?

Umm…. Iya, kemarin kita mengajukan proposal usaha ini dan berdasrkan info yang kami dengar, kalau usaha kreatif ini lolos dan lomba maka akan mendapatkan bantuan modal pengembangan usaha.

“Jadi kalau kita lolos dan dapat bantuan pengembangan usaha itu, sepulang dari sini, tidak bakal nunggu lama-lama lagi. Kita akan mengembangkan Ikan Pallu Cekla ini dengan cara-cara yang lebih kreatif dan profesional” Pungkas Isbawahyudin di tengah-tengah hujan yang perlahan menguasai perkemahan Mandalawangi.

Ikan Pallu Cekla bakal bersaing bersama beberapa usaha kreatif yang akan tampil sebagai usaha kreatif pilihan Jambore Kebangsaan dan Wirausaha.

Ikan Pallu Cekla Zelfbestuur ini digagas oleh 3 orang pemuda asal Galesong Kabupaten Takalar, Isbawahyudin, Muhammad Anjar dan Ahmad Basir dan menjadi perwakilan peserta Jambore Wirausaha Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI).

Reportase: Usaha Kreatif
Penulis: Rustam

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa