Tingkat Elektabilitas Herman Deru Terus Meningkat

IMG-20171024-WA0007Klikaktifis com – Nama Herman Deru, mantan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, yang saat ini akan berlaga di Pilgub Sumsel 2018, berdasarkan hasil survei berbagai lembaga, terus mengalami kenaikan dan peningkatan.

Dari hasil survei Indomatrix, Senin (23/10) tingkat elektabilitas Herman Deru berada diposisi teratas, dengan angka 17,25 persen, diposisi kedua, Dodi Reza sebanyak 15,75 persen, dan Ishal Mekki sebanyak 14,16 persen.

Dari tiga nama yang muncul, ada delapan calon, yang memiliki modal sosial tinggi, diantaranya Herman Deru, Dodi Reza, Ishak Mekki, Edi Santana, Aswari Rivai, HM Giri Ramandha, dan Mawardi Yahya.

Demikian hal itu, disampaikan, Direktur Direktur Eksekutif Indomatrix, Husin Yazid, dalam keterangan tertulisnya, di Hotel Amaris, seperti diterima Jurnalis, Senin (23/10). “Namun hanya tiga nama yang muncul dan bersaing yaitu Herman Deru, Dodi Reza dan Ishak Mekki,” ujar Husin Yazid.

Sementara, kata Husin Yazid menjelaskan, berdasarkan tingkat pengenalan, nama Herman Deru, berada pada posisi kedua setelah Ishak Mekki.

Yazid menyebutkan, Herman Deru pada angka, 91,75 persen, Dodi Reza pada angka, 87,58 persen dan Ishak Mekki, berada pada angka, 93,75 persen.

Meski demikian, kata Yazid, temuan survei Indomatrix ini, semakin mengukuhkan Herman Deru di posisi pertama atau yang tertinggi elektabilitasnya.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Herman Deru Center, Sahrun mengatakan, dalam satu tahun terakhir, semua survei menempatkan Herman Deru pada posisi pertama, dan tertinggi elektabilitasnya.

Kondisi tersebut, kata Sahrun menjelaskan, telah menunjukan adanya perubahan, dan kehendak yang kuat, rakyat Sumatera Selatan, untuk perubahan.

“Rakyat mau rezim ini berganti, mereka mau perubahan dan mereka melihat tokoh yang bisa membawa Sumsel maju adalah Herman Deru,” jelas Sahrun.

Senada dengan Sahru, Politisi Muda Sumatera Selatan, Hendri Zainuddin mengatakan, saat ini kontalasi politik di Sumatera Selatan, sangat menarik. Hendri menilai, pertarungan di Sumatera Selatan ini, menjadi pertarungan pusat, bukan lokal lagi.

Dia menilai, dalam Pilgub Sumsel 2018 ini, intervensi presiden, sangatlah kental. “Kita lihat partai penguasa mendukung Herman Deru. Ini yang membuat pertarungan menarik,” ujar Politisi Sumsel, Hendri Zainudin.

Diketahui, survei Indomatrix ini, dilakukan bulan Oktober, dengan jumlah responden sebanyak 880 orang, dengan angka margon of error 3,5 persen.

Selain itu, responden juga tersebar pada 17 kabupaten dan kota, dengan jumlah kelurahan dan desa sebanyak 182, dengan jumlah RW, sebanyak 384, ada pun metode survei ini, dilakukan dengan wawancara, secara langsung dengan responden.

Sekedar informasi, mantan bupati OKU Timur, Herman Deru ini, akan maju di Pilgub Sumsel, berpasangan dengan Mawardi Yahya. Keduanya adalah sama-sama mantan bupati. (***)

One Comment - Write a Comment

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa