Sabon Nama ; Wiranto Harus Segera Klarifikasi Isu Pelanggaran HAM Secara Terbuka

images

Klikaktifis.com – Rahman Sabon Nama, pengamat sosial politik menyatakan, isu pelanggaran HAM Menkopolhukam Wiranto apabila tidak segera diklarifikasi dapat mencedrai citra dan kredibilitas pemerintahan presiden Joko Widodo dimata rakyat dan dunia internasional.

“Saya menyayangkan atas pernyataan Kontras (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) meminta Presiden Joko Widodo untuk memberhentikan Jenderal TNI purn. H. Wiranto sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum &Ham (Menko Polhukam) terkait isu pelanggaran HAM masa lalu yang masih dipertanyakan melalui Jumpa pers di kantor LBH Jakarta”, cetusnya pada redaksi, Jumat (9/9/2016)

Rahman menghimbau, pada seluruh anak bangsa Indonesia, agar kita mau berfikir jernih dan obyektif seharusnya isu yang sering ditiupkan oleh segelintir orang negara asing yang tidak memahami permasalahan sebenarnya sehingga tidak perlu dikompori anak bangsa sendiri atas isu ini.

Karena itu bukan solusi penyelesaian persoalan bangsa. Menurut saya kita sebagai anak bangsa seharusnya bisa mengkonter isu isu apa saja yang memojokan bangsa dan warga negara Indonesia siapapun dia.

“Oleh karena Indonesia adalah negara hukum, jadi mari kita tegakan sepremasi hukum melalui proses dan implementasi penegakan hukum secara adil dan benar”, tegasnya.

Dia menambahkan, selama ini isu isu miring terkait pelanggaran HAM yang selalu memojokan Wiranto, namun sepengetahuan dalam catatan saya, Wiranto dalam berbagai kesempatan sering menjelaskan persoalan pelanggaran HAM yang selama ini dituduhkan padanya.

Oleh karena itu saya yakin Wiranto sebagai negarawan tentu tidak merasa terpojok dan selalu mendengarkan orang berargumentasi tentang tuduhan pelanggaran HAM.

Bila ada bukti dan dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan olehnya,beliau pasti bersedia diadili sebagai upaya untuk memperoleh keadilan dan untuk mengklarifikasi tentang isu isu pelanggaran HAM tersebut.

Kita sebagai anak bangsa Indonesia hendaknya berfikir jernih dan obyektif dan tidak perlu terpancing untuk dikompori orang luar karena ini bukan solusi penyelesaian persoalan bangsa.

Mereka orang asing tentu tidak menghendaki bangsa Indonesia menjadi bangsa besar, ungkapnya.

Menurut Rahman, agar isu yang memojokon warga negara kita semacam ini harusnya ditepis, karena martabat dan harga diri bangsa kita hendak dipreteli sehingga Indonesia bisa didikte dan bisa dikendalikan oleh pihak asing.

Dia meminta, Menkopolhukam Wiranto agar segera mengklarifikasi isu ini secara terbuka melalui media pers nasional agar dapat diketahui rakyat Indonesia untuk menjamin kredibilitas pemerintah dan kabinet kerja Jokowi-JK dimata rakyat bahwa HAM bisa ditegakan sesuai dengan semangat UUD 1945 dan Pancasila sebagai dasar negara NKRI pungkasnya.****

 

 

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa