Rayakan Idul Fitri 1437 H Di Darfur, Pasukan Garuda TNI Gelar Makan Bersama

IMG_4491Klikaktifis.com – Pasukan Garuda TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Komposit Konga XXXV-B/Unamid (United Nations Mission In Darfur) atau Indonesian Battalion (Indobatt) dibawah pimpinan Letkol Inf Singgih Pambudi Arinto, S.IP. sebagai Komandan Satgas, usai pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1437 H menggelar acara makan bersama, di Lapangan Markas Indobatt-02, Supercamp, El-Geneina, Darfur Barat, Rabu (6/7/2016).

Acara makan bersama yang digagas oleh Komandan Satgas Indobatt-02 Letkol Inf Singgih Pambudi Arinto, S.IP, dihadiri pula oleh Deputy Sector West Kolonel Khaleed Ibrahim, Military Observer (Milobs), Military Staff (Milstaff) dan warga lokal Darfur Barat.

Komandan Satgas Indobatt-02 Letkol Inf Singgih Pambudi Arinto, S.IP, dalam sambutannya menyampaikan ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H”. “Mohon Maaf Lahir Batin atas perbuatan maupun ucapan saya yang khilaf, baik disengaja ataupun tidak kepada seluruh personel Satgas,” katanya.

“Dengan hikmah Idul Fitri tahun ini, dapat mendorong semangat dan moril para anggota untuk meningkatkan profesionalitas dalam melaksanakan tugasnya demi mendukung tercapainya misi perdamaian PBB/Unamid di Darfur-Sudan,” harapnya.

“Kita harus bersyukur karena masih dipertemukan dengan Bulan Ramadhan dan diberi kesempatan merayakan Idul Fitri. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi seorang prajurit dapat berlebaran di daerah tugas, sehingga jangan pernah merasa sedih karena jauh dari keluarga,” kata Letkol Inf Singgih Pambudi Arinto.

Komandan Satgas Indobatt-02 juga menyampaikan, bahwa kebetulan tahun ini kita merayakan Idul Fitri di daerah tugas, ini merupakan suatu kebanggaan yang besar bagi seorang prajurit, dan semoga kita dapat amanah dalam mengembannya. “Mari kita rayakan Hari Kemenangan ini, hilangkan rasa sedih kalian karena tidak dapat berkumpul dengan keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Sholat Idul Fitri walaupun pelaksanaannya di bawah sinar matahari pagi yang terasa terik dimusim panas ini, namun dapat dilaksanakan dengan khusuk, bertindak sebagai Imam dan Khotib Kapten Sus Bahrul Ulum.

Dalam ceramahnya Kapten Sus Bahrul Ulum berharap, dengan hikmah bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri ini, dapat menjadi awal titik tolak untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, diawali dari diri pribadi dan lingkungan keluarga hingga sampai pada lingkungan sosial.

Usai pelaksanaan Sholat Idul Fitri, seluruh prajurit dan Komandan Satgas Letkol Inf Singgih Pambudi Arinto serta Wadansatgas Mayor Inf Roy Fakhrul Rozi melaksanakan Halal Bihalal bersalam-salaman saling maaf memaafkan, dilanjutkan dengan makan bersama seluruh personel satgas dan jamaah dari negara lain di Lapangan Markas Indobatt-02, Supercamp, El-Geneina, Darfur Barat.

Acara makan bersama diawali oleh pemukulan bedug oleh Komandan Satgas dan Wadansatgas Indobatt-02, tampak suasana keakraban dan bahagia sangat terpancar dalam kegiatan ini, para personel Satgas saling bercengkrama merayakan Hari Kemenangan.

Komandan Satgas Indobatt-02 Letkol Inf Singgih Pambudi Arinto, S.IP disela-sela makan bersama mengatakan bahwasanya acara makan bersama ini bertujuan untuk menimbulkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar personel satgas.

“Diharapkan bahwa para prajurit yang tidak bisa berlebaran dan berkumpul bersama dengan keluarga ditanah air tidak merasa sendiri, karena mereka berkumpul dengan saudara sesama Prajurit Garuda,” pungkasnya.****

 

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa