PT Bumen Bangun Mandiri Langgar Perizinan Keamanan Kerja

images (2)
Ilustrasi/net

Klikaktifis.com – Dalam menyambut Peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh setiap tanggal 1 Mei, Jaring Advokasi Buruh Nusantara (JABN), mengadakan dialog publik ‘Perlindungan Keselamatan Kerja Buruh Indonesia’ di gedung Jakarta Media Center, kebun sirih, Jakarta Pusat, Jumat (5/5).

Pembicara yang hadir selain dari JABN, juga dari koordinator BEM RI Wilayah Jabodetabeka-Banten dan perwakilan dari Serikat Buruh Beton Indonesia (SBBI).

Rais Aman Sabban, Ketua Presidium Jaring Advokasi Buruh Nusantara mengatakan, saat ini pihaknya banyak menemukan beberapa proyek konstruksi yang tidak sesuai dengan aturan perundangan yang beralaku.

Kontraktor selalu mengambil jalan pintas untuk mempercepat pengerjakan proyeknya tanpa memperhatikan beberapa kewajiban dan juga perizinan berkaitan dengan perlindungan keselamatan para pekerja.

“Peraturan yang dibuat oleh negara dilanggar oleh mereka secara sadar, dan hal ini tidak terpantau oleh Intansi pemerintah terkait, baik dari kemenakertran dan juga Disnaker”, tegas Rais.

Rais menyebutkan, salah satu perusahaan kontraktor yang diduga kuat berkerja tanpa perizinan berkaitan dengan keselamatan kerja yaitu PT. Bumen Bangun Mandiri.

Kami Duga Kuat bahwa PT Bumen bangun Mandiri, dalam beberapa proyeknya seperti Proyek Konstruksi Rumah Sakit di Daerah Jakarta Selatan dan juga pembangun hotel didaerah Jakarta Pusat, tidak melaksanakan peraturan menteri tenaga kerja khususnya berkaitan dengan keselamatan kerja.

Kemenaker dan juga Disnaker setempat harus segera melakukan sidak ke proyek-proyek ini tersebut. periksa Safety Committee Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3).

Dimana pertugas yang berwenang tidak mempunya sertivikasi ahli K3. Dan juga periksa perizinan yang lain yang berkaitan dengan sistem keamanan tenaga kerja, beber Rais.

“Harapannya bahwa semoga ada tindakan tegas dari dinas dan kemeterian terkait, biar menjadi contoh bagi para pengusaha dan juga perusahaan”, pungkasnya.****

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa