Prof. Lafran Jadi Pahlawan Nasional, HMI Ciputat Bilang Begini

IMG-20171110-WA0021Klikaktifis.com – Ditetapkannya Prof. Drs Lafran Pane sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Jokowi, menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Nusantara.

Kebahagiaan itu pun dirayakan oleh ratusan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciputat, Jumat (10/11) dengan menggelar aksi damai.

Dalam aksi damai tersebut, ratusan kader HMI Cabang Ciputat, membagikan seribu bunga kepada mahasiswa dan pengguna Jalan yang berlewatan di Jl. Ir. Juanda Ciputat, Tangerang Selatan Banten.

Hendri koordinator aksi damai, dalam keterangan tertulisnya menuturkan, aksi damai dan bagi-bagi bunga ini, adalah sebagai langkag perwujudan syukur kader HMI, atas dinobatkannya Lafran Fane sebagai pahlawan nasional.

“Aksi yang kami lakukan hari ini merupakan perwujudan syukur kami atas diangkatnya Ayahanda kami sekaligus pemrakarsa berdirinya HMI yaitu Prof. Drs. lafran Pane sebagai pahlawan Nasional Indonesia,” kata Hendri.

Pengangkatan Lafran Fane sebagai pahlawan Nasional ini, Berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 115, TK/Tahun 2017, dikeluarkan bersamaan dengan beberapa nama lain diantaranya, Laksamana Kuemalahayati dari Aceh, Sultan Mahmud Riayat Syah dari Riau, dan Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dari Nusa Tenggara Barat.

Dengan digelarnya aksi damai ini, sambung Hendri, kader HMI se-Nusantara diharapkan mampuh, serta terus senantiasa memegang teguh visi dan misi perjuangan HMI.

“Dengan dilaksanakannya peringatan dan aksi damai ini bertujuan agar seluruh kader HMI senantiasa mengaplikasikan nilai-nilai dari fungsi dan perannya sebagai kader HMI khususnya dalam konteks ke-Islaman dan ke-Indonesiaan,” sambung Hendri.

Senada, Sopyan Hadi Permana, Inisiator aksi damai dan pembagian seribu bunga mengatakan, kegiatan aksi dan pembagian seribu bunga ini digelar secara damai. Kegiatan ini, kata Sopyan, digelar sampai malam hari, dan dilanjutkan dengan agenda tasyakuran dan pemotongan tumpeng.

“Aksi ini akan ditutup hingga pukul 17:00, dan kemudian dilanjut malam hari dengan agenda kegiatan tasyakuran yang bertempat di Aula Insan Cita HMI Cabang Ciputat,” kata Sopyan di depan massa aksi.

Kepada redaksi, Sopyan mengatakan, pemotongan tumpeng ini, rencananya akan digelar di depan Aula Yayasan SMP Ruhama, Ciputat Tangerang Selatan, Banten.

Sekedar informasi, Prof Drs Lafran Pane adalah salah satu pemerkarsa berdirinya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Sebagai organisasi mahasiswa yang bersifat Independent, sampai saat ini HMI telah mencetak kader-kader yang berkualitas.

Komitmen HMI pada Indonesia akan terus terjaga, sebagai organisasi tertua di Indonesia, HMI akan terus membumikan nilai-nilai Keislaman, Keindonesiaan dan Kemoderenan.(gol)

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa