Pilgub Jateng Elektabilitas Ferry Meroket Dekati Ganjar

images (3)Klikaktifis.com – Pemberitaan di media massa dan pembicaraan dipublik Jawa Tengah terkait jelang 1 tahun pemilihan gubernur Jawa Tengah makin ramai diperbincangkan dari pembicaraan publik.
Indonesia Development Monitoring (IDM) mencoba memotret Para cagub seperti Mantan Menteri ESDM Sudirman Said, incumbent Ganjar Pranowo, Bupati Kudus Musthofa, Politikus Gerindra Ferry Juliantono, mantan bupati batang yoyok ryo sudibyo dan Politikus PKB Marwan Jafar. S
IDM melakukan penelitian dengan melakukan survei jajak pendapat masyarakat Jawa Tengah terkait pengaruh ekonomi dan sosial pada masyarakat selama kepemimpinan Ganjar Pranowo dan survei ini juga memotret tingkat popularitas, akseptabilitas, capabilitas dan elektabilitas para tokoh tersebut di atas.
Survei dilakukan secara  proporsional dengan margin error 2,3  persen pada Tingkat Kepercayaan Survei 95 persen , Survei  melibatkan  1668 responden yang dipilih secara  acak tersebar  di 34 kabupaten kota yang telah mempunyai hak pilih
Dan  responden berdasarkan populasi DPT Pilpres 2014 untuk Jawa Tengah ,yang dipilih dalam survei dipilih secara acak. Dari  golongan tua, hingga remaja  berusia 17 tahun keatas dan mempunyai hak pilih.
Hasil survei
Dari Temuan Survei diketahui  incumbent Ganjar Pranowo Tingkat Popularitas nya paling Tinggi yaitu 80,1 persen, Politikus Gerindra Ferry Juliantono yang juga sudah mendapatkan restu dari Prabowo Subianto untuk Maju sebagai Cagub Jateng memiliki Tingkat keterkenalan 64,2 persen dari  1668 responden.
Sudirman yang mengklaim sudah didukung  PKS hanya memiliki Tingkat Popularitas 42,1 persen, sedangkan Musthofa yang  didorong oleh kader PDIP di daerah untuk maju di Pilgub Jateng memiliki Tingkat Popularitas dipikiran responden sebanyak 72,1 persen.
Sementara politikus  PKB  Marwan Jaffar yang akan diusung PKB hanya dikenal oleh 61,7 persen responden Dan Yoyo Riyo Mantan Bupati Batang memiliki Tingkat Popularitas 67,2 persen
Tingkat Akseptabilitas Tokoh
dari sisi akseptabilitas atau penerimaan publik Dimana akseptabilitas Tokoh diukur dengan indikator seperti Tidak punya masalah tertentu yang dapat memunculkan penolakan masyarakat
Mampu berdiri di atas kepentingan semua golongan atau golongan yang berbeda-beda.
“Dalam temuan survei Ganjar Pranowo memiliki tingkat Akseptabilitas sebesar 65,3 persen sedangkan mustofha adalah tokoh yang paling tinggi akseptabilitasnya yaitu 69,7 persen dan kader gerindra terlihat “moncer” yaitu Ferry Juliantono dengan tingkat akseptabilitas seberas 64,3 persen”, ujar, Fahmi Hafel .Sip Direktur Executive IDM dalam keterangannya di Semarang, Rabu (16/08).
Menurut Fahmi, Sedangkan 2 mantan menteri Joko Widodo yaitu Sudirman Said hanya memiliki tingkat akseptabilitas sebesar 46,2 persen sedangkan Marwan Jafar sebesar 53,4 persen di bawah mantan bupati Batang Yoyok Ryo Sudibyo dengan tingkat 59,6 persen.
Tingkat Capabilitas Tokoh
Dalam survei, petahana Ganjar Pranowo dinilai oleh responden capabilitas nya hanya 61,3 persen sedangkan musthofa di anggap memiliki capabilitas oleh responden sebesar 70,5 persen.
Sedangkan Ferry Juliantono sebesar 60,9 persen. sementara marwan jafar sebesar 61,8 persen. dan yoyok ryo sudibyo dinilai memiliki capabilitas oleh 52,6 responden. sedangkan mantan menteri ESDM hanya di anggap memiliki capabilitas oleh 43,7 responden.
Tingkat Elektabilitas Tokoh
Ketika ditanya, siapakah yang akan mereka pilih seandainya pemlihan Gubernur Jawa Tengah  dilakukan sekarang Maka 1668  responden menyebutkan Memilih Ganjar Pranowo
Sebanyak 21,3 persen dan Ganjar menjadi tokoh yang paling tinggi tingkat keterpilihan nya oleh responden. sementara di peringkat kedua Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry Juliantono dipilih sebanyak 19,7 persen dan di peringkat ke tiga bupati Kudus Musthofa 19,6 persen.
Kemudian disusul oleh Marwan Jafar yang dipilih sebanyak 8,3 persen, mantan Bupati Batang Yoyok Ryo Sudibyo sebesar 7,2 persen. dan di posisi terakhir ada mantan Menteri ESDM yang hanya dipilih 4,3 persen responden dan yang belum memilih 19,6 persen.
Dari gambaran survei ini sangat jelas prediksi akan terjadi 3 pasang calon yang akan berlaga di pilgub Jawa Tengah.
“Dari gambaran survei ini juga terlihat pendukung PDIP perjuangan suaranya akan terpecah yaitu ke Musthofa dan Ganjar Pranowo, Sedangkan suara pemilih Gerindra di Jawa Tengah bulat ke Ferry Juliantono dan suara PKB juga solid ke Marwan Jafar”. Demikian Fahmi****

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa