Pemkab Sangihe Sediakan Lahan Jadi Pelabuhan Kapal Patroli Bakamla RI

 

IMG-20160728-WA0006

Klikaktifis.com – Kepala Biro Umum Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Karoum Bakamla RI) Kolonel Laut (P) Suradi A. S., S.T., S.Sos., M.M., dan Direktur Strategi (Dir Stra Kamla) Bakamla RI Kolonel Laut (KH) Drs. Edi Fernandi melakukan kunjungan  kerja ke Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kamis (28/7/2016).

Kehadiran Karoum dan Dir Stra Kamla disambut Bupati Kepulauan Sangihe Drs. H. R. Makagansa, M.Si beserta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan masyarakat nelayan, serta sejumlah media yang ada di wilayah Sangihe.

Kepada para awak media, Kolonel Suradi menjelaskan, bahwa untuk melaksanakan tugas dan fungsi Bakamla RI sebagai institusi penyelenggara patrol keamanan dan keselamatan laut, sesuai yang diamanatkan Undang – undang nomor 32 tahun 2014 tentang Kelautan.

Memerlukan tempat berlabuh Alat utama sistem keamanan laut (Alutsiskamla) yaitu kapal patrol di seluruh wilayah Indonesia dengan prioritas di wilayah yang membutuhkan perhatian khusus, yaitu wilayah perbatasan langsung dengan Negara tetangga.

Bupati Kepulauan Sangihe Drs. H. R. Makagansa, M. Si, mengiyakan kerjasama Bakamla dengan  – Pemerintah Kabupaten Kepulauan   Sangihe dalam mengamankan wilayah perairannya.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Sangihe bersedia menyediakan lahan yang luasnya 10 hektar di pantai Kampung Dhago KecamatanTamako untuk dijadikan pelabuhan bagi Kapal Patroli Bakamla dengan status hibah, ungkap Makagansa.

Tidak hanya berupa hibah tanah untuk pembangunan infrastruktur berupa dermaga dan gedung, namun Makagansa akan membantu mengakselerasi ketersediaan air bersih   dan telekomunikasi ke lokasi yang akan dijadikan basis Bakamla dalam pengamanan wilayah laut Kepulauan Sangihe, dalam diskusi yang dilakukan pada hari Rabu (27/7/2016), di Sangihe.

Makagansa berharap, kerjasama ini dapat segera terwujud, sehingga dengan adanya kantor/dermaga Bakamla di Kepulauan Sangihe dapat memberikan dampak kepada masyarakat berupa eksternalitas ekonomi dan hasil laut berupa ikan dapat memberikan kesejahteraan masyarakat yang nyata.

Sementara itu, dalam proses kerjasama keamanan dan keselamatan laut antara Bakamla dengan  Kabupaten Kepulauan Sangihe tersebut, Kepala Kantor Zona Maritim Tengah Brigadir Jenderal Polisi Drs. Anang Syarif Hidayat akan mengakselerasi dengan menindaklanjuti kesepakatan yang telah dicapai.****

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa