Panglima TNI Lantik 171 Perwira Prajurit Karier 

BIM_3778

Klikaktifis.com –  Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo melantik dan mengambil sumpah 171 Perwira Prajurit Karier (Pa PK) TNI pada Upacara Prasetia Perwira Tahun 2016 di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/7/2016).

Perwira Prajurit Karier TNI merupakan Perwira yang bersumber dari Sarjana dan Diploma yang direkrut untuk menjadi prajurit TNI. Sebanyak 171 Pa PK TNI yang diambil sumpahnya tersebut terdiri dari TNI AD 79 personel (67 pria  dan 12 wanita), TNI AL 50 personel (40 pria dan 10 wanita) dan TNI AU 42 personel (39 pria dan 3 wanita).

Pada Upacara Prasetia Perwira tahun 2016, Lulusan terbaik pria memperoleh anugerah Trisura Jalu Wiratama sedangkan untuk wanita memperoleh anugerah Trisura Wanodya Wiratama.

Lulusan terbaik pria diraih oleh Letda Cpl Muhammad Choirul Arifin dari TNI AD, Letda Laut (P) Firson Asis Wicaksono, B.Eng., dari TNI AL dan Letda Kes Asep Solihin, S.Psi dari TNI AU. Sedangkan lulusan terbaik dari wanita diraih oleh matra laut atas nama Letda Laut (KH/W) dr. Agatha Dinar.

Panglima TNI dalam amanatnya mengatakan bahwa, Prasetia Perwira (Praspa) yang diikrarkan pada upacara hari ini adalah komitmen awal para Perwira sekalian untuk memasuki ruang pengabdian kepada TNI, bangsa dan negara, yang harus dilakukan dengan sikap ksatria yang loyal penuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Setiap penugasan yang diterima, laksanakan dengan penuh keikhlasan dan semangat tinggi sebagai proses pendewasaan diri. Sikap ini juga harus diikuti dengan semangat pantang menyerah dan rela berkorban,” ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Lebih lanjut, Panglima TNI mengatakan bahwa, dalam rangka menghadapi perkembangan lingkungan strategis yang sangat kompleks, prajurit TNI dituntut untuk bersikaplah responsif, peka dan senantiasa meningkatkan kualitas kinerja secara profesional, proporsional dan prosedural dengan menjunjung tinggi ketentuan perundang-undangan, Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 Wajib TNI, serta Hak Asasi Manusia.

“Melandasi semuanya itu, untuk menjadikan TNI yang kuat, hebat, profesional dan siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, maka pelihara dan tingkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta hindari ego sektoral, tingkatkan jiwa korsa, soliditas serta solidaritas TNI,” tutur Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Diakhir amanatnya Panglima TNI menyampaikan ucapkan selamat kepada Perwira yang telah menyelesaikan Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier dengan baik dan lancar.

Selain itu Jenderal TNI Gatot Nurmantyo juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Komandan Kodiklat TNI, Gubernur Akmil, para pengasuh, pembina, pengajar dan pelatih, atas kerja keras dan keberhasilan penyelenggaraan Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier TNI Tahun Anggaran 2016.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna, para Asisten Panglima TNI, Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Jaswandi, Kapuspen TNI Mayjen  TNI Tatang Sulaiman, Dankodiklat TNI Mayjen TNI Sumardi, Gubernur Akmil Mayjen TNI Hartomo dan beberapa pejabat teras Mabes TNI dan Angkatan.****

 

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa