MSC Reduksi Kehidupan lansia Agar Bahagia Diusia Senja

IMG-20170508-WA0023Klikaktifis.com – Alhamdulillah Tim Muhammadyah Senior Club (MSC) telah melaksanakan program lanjutan Sharing Session I bertempat di SDN 18 Pisangan Timur Rawamangun, Sabtu (07/05)

Ketua RT 001/014 Azhary menyambut dengan gembira kehadiran tim MSC sehingga menurunkan secara penuh ibu-ibu RT di wilayahnya untuk mensukseskan dan mengajak warga senior berhadir.

Direktur MSC Samsul Bahri Nasution menyampaikan terimakasih banyak kepada Ibu-ibu RT yang berpakaian seragam dan berdandan cantik, panitia lokal yang dibentuk oleh bapak Azhary sebagai ketua RT setempat.

Begitupun kakek dan nenek yang berhadir tidak kalah cantik-cantik dan ganteng-ganteng, maka suasana forum menjadi santai dan mencair penuh gembira, sebut Syam.

Selanjutnya, suasana forum semakin dinamis dan mencair ketika Direktur MSC memaparkan sharing session I yang bertemakan : Meningkatkan Kualitas Kebahagiaan Warga Senior (Lansia) di Lingkungan Perkotaan.

Terlebih Syam meminta setiap kakek dan nenek beraktivitas ringan dengan menuliskan 7 kebiasaan baik dan 7 kebiasaan buruk lalu membacakannya kedepan. Kakek nenek yang tidak dapat menulis secara mandiri diberi bantuan oleh ibu-ibu RT untuk menuliskan.

Syam memaparkan tentang data-data penelitian lansia dan proyeksi kehidupan lansia di masa mendatang, masalah-masalah psikologis, depresi, mudah tersinggung, suasana hati yang muda terganggu, terlebih dalam lingkungan perkotaan yang penuh polusi, persaingan hidup yang ketat, dan tata ruang kota yang semerawut.

Disinilah arti penting hadirnya MSC untuk mereduksi kehidupan lansia agar tetap positif dan bahagia pada usia senja. Apa itu MSC? Teman saya, Dinil nanti akan memaparkan lengkap, kata Syam.

Dinil juga memperkenalkan kakek Samanta usia 74 Tahun, ahli kebugaran badan yang telah direkrut MSC.

Berbeda dari roadshow sebelumnya, pada part 2 ini Tim MSC Spesial membawa serta contoh produk layanan kerajinan tangan apabila bergabung bersama MSC di RSIJ Cempaka Putih nantinya.

Syam memperkenalkan, bapak Mahmudi ini adalah pegiat kerajinan tangan dari bahan-bahan bekas dan telah direkrut oleh MSC secara profesional menjadi karyawan nantinya di RSIJ Cempaka Putih.

Baik warga senior maupun para ibu-ibu RT yang berseragam cantik turut mengotak-atik bahkan membeli contoh produk kerajinan tangan karya bapak Mahmudi.

“Bagus sekali ya Mas, boleh donk pada kesempatan lain tolong ajari kami membuat kerajinan tangan seperti ini” sebut Ibu Nunung Inspirator RT Rawamangun.

Ibu Nunung ini adalah kader inspirator dan penggerak di RT setempat dan memiliki kecakapan bercocok tanam, mencangkok, dan mengawin silangkan tanaman.

Syam langsung menawarkan juga menjadi bagian dari tim penggerak bercocok tanam di RSIJ Cempaka Putih nantinya.

Sesaat sebelum berpisah dengan tim MSC, Bapak As’ary ketua RT 001/014, yang juga mahasiswa S1 FAI UIJ ini mengatakan,

“Kegiatan ini positif sekali, Orang tua kami di sini sangat senang, kami mengucapkan terimakasih banyak atas kesediaan teman-teman memilih warga kami sebagai konsep tolak ukur pilot projek MSC”‘, tuturnya.****

 

 

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa