Lantik Tiga Komisioner Panwaslu Tangsel, Bawaslu Banten Di Kecam

IMG-20170831-WA0002Klikaktifis.com – Pelantikan tiga Komisioner Panwaslu Kota Tangerang Selatan, oleh Bawaslu Provinsi Banten, Rabu (30/08) di Hotel Horison, Cilegon Banten, dikecam Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Keadilan.

Pasalnya, dari tiga Komisioner Panwaslu Kota Tangerang Selatan yang dilantik, sebanyak dua nama komisioner Panwaslu Tangerang Selatan, Muhammad Acep dan Ahmad Jajuli, dinilai bermasalah.

Berdasarkan catatan LBH Keadilan, pada 13 Novembet 2015 lalu, Ahmad Jajuli dan Muhammad Acep yang telah dilantik, pernah dijatuhkan sanksi oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum, saat keduanya menjabat menjadi Panwaslu Kota Tangerang Selatan.

“LBH Keadilan mengecam Badan Pengawas Pemilu Provinsi Banten yang tetap melantik dua nama itu.” ujar, Ketua Pengurus LBH Keadilan, Ahmad Hamim Jazuie, dalam keterangan tertulisnya, sebagaimana diterima redaksi.

Dengan dilantiknya dua nama tersebut (Acep-Jajuli) kata, Abdul Hamim mengatakan, LBH Keadilan berpendapat, sikap Bawaslu Provinsi Banten, secara tidak langsung, telah menebar ancaman bagi pemilu yang berkualitas.

“LBH Keadilan akan melakukan gugatan kepada Bawaslu Banten, sebab pemilu tidak akan bermartabat dan tidak mensyaratkan penyelenggara pemilu yang bermoral dan berintegritas.” tambah Ketua Pengurus LBH Keadilan, Abdul Hamim.

Diketahui beberapa hari lalu, sebelum Bawaslu Provinsi Banten melantik tiga Komisioner Panwaslu Tangerang Selatan, LBH Keadilan telah melaporkan dua nama Komisioner (Jajuli-Acep) ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

Namun saat melaporkan hal tersebut, masih kata Abdul Hamim mengungkapkan, DKPP, Bawaslu Republik Indonesia, dan Bawaslu Provinsi Banten, tidak menanggapi aduan dan laporan LBH Keadilan.

Dalam surat No. 702/LBHK/1/VIII/2017 itu,  Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Keadilan meminta, untuk menggugurkan Muhamad Acep dan Ahmad Jazuli  yang telah lolos dalam Uji Kelayakan dan Kepatutan Panwaslu Tangerang Selatan.

Sekedar Informasi, tiga Komisioner Panwaslu Kota Tangerang Selatan, yang dilantik Bawaslu, yaitu, Aas Syatibi, Ahmad Jajuli, dan Muhammad Acep. (Dam).

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa