Kebun Karet Di Gusur Warga Ds. Harapan Makmur Musi Rawas Tuntut Keadilan Ke Bupati

images (4)Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan (Istimewa/repro)

Klikaktifis.com – Sudirman (64), pembina suku anak dalam di SP 9 HTI desa Harapan Makmur Kab. Musi Rawas Prov. Sumsel dari tahun 2007 sampai dengan 2016, walaupun honor yang diberikan oleh Dinsos Musi Rawas hanya Rp.240.000 per bulan dan diterima setiap 3 bulan sekali.

Namun semangat untuk membina suku tidak pernah padam. Alasan Sudirman menjadi pembina Suku Anak Dalam adalah karena belum ada perhatian serius dari pemerintah terhadap kesejahteraan Suku Anak Dalam.

Terutama di SP 9 HTI Desa Harapan Makmur Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas. Untuk mencukupi kebutuhan sehari hari Pak Sudirman membuka lahan untuk ditanami karet seluas 2.5 hektar, Lahan tersebut adalah lahan konservasi.

“Aku sudah ngomong dengan Kepala Dinas Kehutanan Musi Rawas pada waktu itu dijabat oleh Pak Murtin dan dijawab pak Murtin pada waktu itu boleh tetapi hanya numpang dan tidak boleh menjadi hak milik”, sebut Sudirman saat di temui redaksi di rumahnya, Selasa (14/11).

Lanjut Sudirman, kemudian pada tahun 2014 lahan karetnya digusur oleh Dinas Kehutanan Musi Rawas yang pada waktu itu Pjs. Bupati Musi Rawas dijabat oleh Hendra Gunawan dan Kepala Dinas Kehutanan di jabat oleh Priskodesi sekarang menjabat Asisten satu Sekda.

“Saya sangat sakit hati karena lahan kiri kanan kebun saya tidak digusur karena mereka menanam kebun sawit, sedangkan saya menanam karet malah digusur”,  Sudirman kesal.

Dia menambahkan, persoalan ini sudah diutarakan langsung dengan Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan pada waktu kunjungan Pak Bupati ke wilayah Suku Anak Dalam namun hingga hari ini belum ada penyelesaian.

“Saya hanya meminta kompensasi agar kebun saya diganti”, tegasnya.

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa