Jokowi : Hindari Praktik ‘mark up’ Anggaran Alutsista

images (32)
Foto : setkab

Klikaktifis.com – Indonesia merupakan negara besar yang memiliki puluhan ribuan pulau dan posisi geopolitik yang strategis.

Atas alasan itu, pemerintah berniat untuk bisa membangun postur pertahanan TNI yang kokoh dengan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang lengkap dan modern.

Namun begitu, Presiden Joko Widodo menggarisbawahi bahwa proses pengadaan alutsista harus dilakukan secara transparan dan akuntabel. Utamanya, terhindar dari praktik mark upn anggaran.

“Tidak ada toleransi terhadap praktek-praktek korupsi, praktek mark up, dan saya peringatkan juga bahwa alutsista ini dibeli dari uang rakyat untuk bisa digunakan untuk TNI dalam melindungi rakyat, melindungi bangsa, dan negara,” tegasnya dalam Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/7).

Selain itu, Jokowi juga menekankan pentingnya transfer teknologi dalam setiap pembelian alutsista dan memperhitungkan umur ketahanan alutsista tersebut.

“Tidak boleh lagi Indonesia membeli, misalnya pesawat tempur, tanpa memperhitungkan biaya daur hidup alutsista tersebut 20 tahun ke depan,” tegas Jokowi (setkab/mars)

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa