Gempa Kembali Guncang NTT

images-74Klikaktifis.com – Gempa bumi berkekuatan 3,2 Skala Richter kembali mengguncang wilayah Nusa Tenggara Timur pada pukul 05.12 WITA waktu setempat.

“Kali ini gempa terjadi di wilayah Kabupaten Manggarai Barat,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Klas 1 Kupang, Sumawan kepada Antara ketika dikonfirmasi soal gempa yang terjadi di Manggarai Barat tersebut, Kamis pagi.

Dari data yang dilaporkan, gempa berkekuatan 3,2 SR yang tak berpotensi tsunami itu berada di lokasi 8.49 Lintang Selatan (LS) dan 119.91 Bujur Timur (BT).

Ia menyatakan dari radar yang dibaca di Stasiun Geofisika Klas 1 Kupang terdata pusat gempa berada di 26 Kilometer Barat Laut Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, terkait kedalamannya gempa berkekuatan 3,2 SR itu berada di kedalaman 58 kilometer dari atas permukaan laut.

Dengan terjadinya gempa pada hari ini maka, wilayah NTT selama dua hari berturut-turut telah diguncang gempa sebanyak tiga kali.

Sebelumnya pada Rabu (13/7) BMKG Stasiun Geofisika Klas 1 Kupang, juga melaporkan, telah terjadi gempa bumi di Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Gempa berkekuatan 3,6 SR itu terjadi pada pukul 14.52 WITA. Gempa tersebut berada pada Lokasi 9.66 derajat Lintang Selatan (LS)- 119.04 derajat Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada pada 17 kilometer barat daya, Kabupaten Sumba Barat Daya pada kedalaman 41 kilometer.

Sementara itu pada hari yang sama juga gempa bumi berkekuatan 4,7 SR menguncang wilayah Kabupaten Alor, NTT, pada pukul 16.21 WITA.

Laporan BMKG Kupang menyebutkan gempa cukup keras tersebut terjadi pada kedalaman 500 kilometer.

Gempa tersebut berlokasi pada 6.70 Lintang Selatan (LS), 127.55 Bujur Timur (BT), pada 360 km Timur laut Alor.(ant/mars)

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa