Awas Cina Mau Caplok Di LCS

IMG-20160710-WA0047Oleh: Muslim Arbi

Jelang beberapa hari Lagi, putusan Arbitrase yang sedang di Sidangkan di Den Haag Belanda, Cina sdh persiapakan manuver atas claim terhadap Laut Cina Selatan (LCS).

Dari argumen yang di ajukan Cina dengan sebuah Buku Kuno “Holy Grail” berusia 600 Tahun bahwa dahulu Para Nelayan Cina sudah sering mencari Ikan sampai ke Laut Cina di bagian Selatan tidak dapat di jadikan argumen dan bukti2 kuat atas klaim itu.

Karena di Hukum Laut Internasional yang termuat di UNCLOS itu sudah sangat jelas membantah Klaim Cina itu, sehingga Cina pun berupaya mencari dukungan beberapa Negara, tapi seperti nya usaha nya itu kurang mendapat dukungan.

Lalu Pemerintah Cina mencoba menggelar Kekuatan untuk menggertak Negara2 yang berabatasan dengan Lautan itu. Terutama, Filipina sebagai penggugat, juga Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam, dan Indonesia. Dan Cina akan tidak mau menerima putusan Arbitrase tersebut dan  akan berupaya melakukan perlawanan.

Ada potensi Ekonomi Besar yang di i incar Cina terutama Kandungan Gas di Natuna yang cukup besar. Sehingga sikap Cina terhadap Arbitrase di Den Haag itu bermotif perluasan Wilayah Lautan nya di Selatan dan Potensi Ekonomi nya.

Pada pertemuan G-7 di Jepang, Pimpinan Negara2 G-7 juga sdh memperjelas dukungan atas putusan Arbitrase itu. Sehingga jalan diplomasi Cina Untuk cari dukung juga Gagal dan Cina mau mangandalkan manuver militer.

Jika benar Cina membuktikan ancaman nya itu jika putusan Arbitrase tidak seperti yang di perjuangkan Beijing, maka Cina akan mendapat kecaman Dunia Internasional karena Cina di anggap memendam Watak Ekspansionis dan Kolonialis.

Dan ini pasti akan sangat merugikan Cina sendiri, apalagi kondisi Ekonomi Negara Komunis ini sedang terpuruk. Sehingga manuver Cina ini akan menciptakan Goncangan Luar dan Dalam Negeri sendiri. Apakah Cina mau Siap berperang untuk nafsu ekspansif nya?

Tindakan itu akan di curigai pada apa yang telah di lakukan Cina dalam membangun kekuatan Ekonomi dan Keuangan, juga kekuatan Politik dan Militer nya. Cina akan makin terkucil, jika berani Melawan Putusan Arbitrase nanti.

Trowulan, 10 Juli 2016

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa