Aryo Jojohadikusumo Sampaikan Pesan Kebhinekaan Pada Mahasiswa Budhha

Klikaktifis.com – Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI) menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan Pekan Orientasi Ke-IX pada (30/8/2017).

Pekan Orientasi merupakan jenjang kaderisasi tingkat nasional dimana para kader yang hadir diberikan pemahaman mengenai paradigma pergerakan dan dalam puncak acara nanti akan dikukuhkan sebagai kader-kader nasional HIKMAHBUDHI.

“Adapun tema khusus cendekiawan muda penjaga Kebhinnekaan menyampaikan pesan bahwa mahasiswa Buddhis siap ambil bagian dalam menjaga aset serta jati diri bangsa, yakni nilai keberagaman, toleransi serta keadilan sosial,” kata Sugiartana Ketua Umum Presidium Pusat HIKMAHBUDHI di Jakarta, Minggu (03/09).

IMG-20170904-WA0001

Materi dari kegiatan ini diisi oleh Aryo P.S. Djojohadikusumo (Anggota DPR/MPR RI Komisi VII Periode 2014-2019), drs. KH. Matin Syarkowi, Bhikkhu Gunapiyo.

“Paparan yang disampaikan oleh para pembicara, terutama bapak Aryo P.S. Djojohadikusumo sangat baik dan perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,”sebut Maya Sari Putri selaku Ketua Organizing Committee.

Aryo P.S. Djojohadikusumo menyatakan bahwa Pancasila sudah final dan konsensus kebangsaan ini tidak boleh dirubah oleh siapapun.

“Mahasiswa serta pemuda dari latar belakang apapun perlu menjadi pelopor perdamaian, penyebar kebajikan dan menjaga Kebhinnekaan. Tunas Indonesia Raya (TIDAR) sangat terbuka bagi para pemuda yang ingin mendarmabaktikan dirinya bagi bangsa dan negara,” ungkap Aryo yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum PP TIDAR.

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI merupakan upaya untuk menyebarluaskan sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Senada dengan hal tersebut, Rendy Arifin selaku Ketua Steering Committee menyampaikan, Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini penting untuk menanamkan pada masyarakat nilai dan norma bangsa Indonesia, khususnya pada generasi muda.

“Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI merupakan solusi terhadap tingginya dinamika sosial-politik yang muncul dewasa ini,” tutur Rivaldo Wijaya (Ketua Cabang HIKMAHBUDHI).

Menutup kegiatan ini, Sugiartana menyampaikan bahwa Pekan Orientasi ini mengingatkan kader HIKMAHBUDHI terkait peran strategis yang perlu dilakukan bersama kelompok mahasiswa lain, bahwa ada tanggungjawab bersama untuk mengisi kemerdekaan dengan aktivitas yang kreatif, inovatif serta berdaya saing.

“Mahasiswa Buddhis harus siap mengawal keutuhan NKRI sampai sehari sebelum kiamat,” tutup Sugiartana.****

Post Comment

Kawal Kedaulatan Bangsa